Penning Stories You'll Love to Read

Ahoy Pipel! Welcome aboard! A warm and heartfelt welcome to all who've joined me here. Your presence is truly appreciated. Thank you!

Selasa, 19 Desember 2017

Tidak Cuma Hati yang Harus Dijaga Tapi Tradisi Juga



Assalamu’alaikum Ladies and Gentlemen!

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja-puji syukur kehadirat Tuhan YME, karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di hari yang berbahagia ini dengan sehat wal’afiat tanpa halangan suatu apa. Yang terhormat bapaknya ibu-ibu… CUT!!!!
Yaps.. biar ga bosen kali ini aku buka pake pembukaan pidato tuh. Gimana? Masih biasa aja ya? Ya emang sih mau diapain juga aku emang biasa-biasa aja. Jadi ya maap ya kalo jatohnya malah ga lucu, namanya juga lagi usaha. Emangnya Cuma dia aja yang bisa usaha meluluhkan hati aku wkwk (Maklum Jomblo akut sosoan).
Oh iya, ini kan abis Hari Raya Idul Fitri yak. Aku mau ngucapin nih buat kalian semua yang merayakan, siapa tau kan gebetan belum ngucapin makanya aku bantuin ngucapin nih. Masa kamu cuma bacain ucapan dari OA Line doang sih, kan kasian hehe.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.
Happy Eid Mubarak.
Eigendom Mubarak.
Fete de l’aid.
Sugeng Riyadi.
Minal’aidzin wal faidzin.
Mohon maaf lahir dan batin ya teman-teman pembaca.
Semoga hidup kita selalu dirundung ke-happy-an.

Momen hari raya memanglah jadi momen yang paling ditunggu-tunggu semua orang. Ga cuma hari raya Idul Fitri aja nih, hari raya yang lain juga ditunggu-tunggu oleh penganut masing-masing. Nah, setiap keluarga pasti punya tradisi uniknya tersendiri nih kalo pas merayakan hari raya mereka, dan ga tau kenapa aku suka aja kalau lihat tradisi unik dari masing-masing orang ketika merayakan hari rayanya. Berhubung di keluargaku merayakan hari raya Idul Fitri nih, jadi aku bakalan bahas itu. Mungkin kalian bisa cari tradisi hari raya yang lain ditempat lain ya, banyak kok di google. Happy browsing.
Mari kita mulai dengan membaca Bismillah dulu biar berkah (kok mendadak agamis? Tiap hari kek).
  1. MUDIK KAMPUNG HALAMAN
Mungkin tradisi ini emang punya Indonesia banget ya. Soalnya kan kita-kita hobi merantau ni hehe. Gapapa, kalau kata Ahmad Fuadi di bukunya Negri Lima Menara-nya bilang, eh tertulis maksudnya:
“Merantaulah, kau akan mendapat pengganti kerabat dan teman. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang”. Tapi kutipan itu dari Imam Syafii ya, bukan asli dari Ahmad Fuadi tapi dipake di bukunya. Nah, dari situ kita tahu bahwa merantau itu bakalan mengajarkan kita banyak hal. Dan lagi kondisi di Indonesia kan semua terpusat di kota besar, bagi orang-orang kek aku yang tinggal di pedalam ini kan agak susah bekembang kalo ga merantau (Ga ada Universitas di kampung cuy). Jadi pas lebaran gini nih jadi ajang pulang dari rantauan buat nge-charge doa restu orang tua dan keluarga agar sukses di perantauan. Sekalian temu kangen dan cerita pengalaman masing-masing sambil nongki cantik di depan rumah hehe.
  1. BUKA BARENG PAS MALAM TAKBIRAN
Yang selanjutnya ini tradisi yang ga semua orang ngelakuin, tapi di keluargaku ngelakuin ini. Jadi tuh malam takbiran semua anggota keluarga harus udah kumpul. Ga boleh ada acara bukber atau main diluar (tapi kemaren aku ngelanggar bukber bentar diluar dan kena hukuman diolok-olok wkwk) mesti kudu banget makan bareng di rumah soalnya. Kata ibu negara udah jauh-jauh pulang ga akan afdol kalo ga makan masakan ibu pas malam takbiran gini (ya walaupun setelah hari itu tetep makan bareng masakan dia sih).
  1. NONGKRONG N CHIT-CHAT DITERAS RUMAH
Masih dimalam takbiran nih. Karna rumah ku dideket jalan raya jadi cuma butuh didepan rumah doang nih buat lihat orang-orang pada takbiran keliling. Sambil nongkrong dan cerita ngalor-ngidul bareng-bareng sampai larut, ngebuat kita makin hangat-hangat ompol gitu deh wkwk.
  1. SHOLAT IED SAMBIL JALAN MARATON
Dikarenakan masjidnya lumayan jauh dari rumah (tapi ga sejauh jarak orang ldr kok) jadi kita memutuskan untuk ga sholat ied. EH ENGGA DENG! Kita sholat dengan syarat jalan bareng-bareng sekeluarga. Itung-itung olahraga pagi juga sih, sambil becanda-becanda manjah gitoh.
  1. SUNGKEMAN
Sehabis sholat ied dan segala tradisi di masjidnya kita langsung pulang (tak lupa maraton kedua dulu ya). Tau kan sungkeman? Pasti taulah ya. Yaps, tradisi maaf-maafan dengan bersimpuh di pangkuan orang yang ingin dimintai maaf. Dimulai dari yang usianya paling tua ke yang paling muda. Hal yang paling mengharukan diantara tradisi yang lain. Disini terjadilah pertumpahan lautan air mata widiihwakwak. 
  1. ZIARAH ORANG TERSAYANG
Ziarah mah bisa kapan aja yak. Tapi ga tau kenapa ziarah ini udah jadi tradisi di keluargaku pas hari raya Idul Fitri gini. Tepatnya sesudah sungkeman kita langsung cus ke makam para leluhur atau keluarga yang udah duluan ke surga, Aamin. Disana kita baca surat Yasin bareng-bareng. Dan hal positif yang bisa diambil dari tradisi ini adalah anak, cucu, cicit, curut (aku) ini jadi tau silsilah keluarga besar sebesar besarnya yang kita punya, walupun ga bisa mengenang wajahnya karena waktu beliau-beliau meninggal proses pembentukan kimia kita belum ditemukan (biologis deh kayanya bukan kimia, udah gapapa ah, males pencet tombol backspace, lagi marahan).
  1. MAKAN KETUPAT OPOR
Waah ini nih…
Ini mah dilakuin sama siapa aja yang merayakan Idul Fitri nih. Ga boleh ketinggalan pokoknya mah. Tanpa hidangan ini serasa hari raya mu kurang berkesan, seperti halnya kesan pertamanya dia yang manis dikala pedekate  (dia sape sih? Lupa aku). Ya walaupun ga semuanya juga pada bikin sih ya, bahkan ga semuanya suka. Contohnya aku, aku lebih milih nasi dari pada ketupatnya. Karena menurutku nasi lebih pengertian dan sedikit selow walaupun ga neko-neko, beda sama ketupat, dia terlalu baik buat aku.
  1. SILATURAHMI SAMA TETANGGA
Ya ini semua juga dilakuin sama hampir semua orang. Pergi ke tempat saudara atau tetangga dekat kita adalah hal yang wajib dilakuin sama masyarakat sosial ya. Kecuali kalo kamu ngerasa orang yang paling tak berdosa di bumi ini ehehe.
  1. MUDIK KE TEMPAT KAKEK NENEK
Kalo kakek nenek masih ada ya kita pergi kesana untuk sungkeman dan maaf-maafan sama saudara-saudara. Di sini kalian bisa meraup untung yang banyak, karena ketemu sama om dan tante pastinya. Tapi karena sekarang udah kuliah, jadinya zonk. Yaudah gapapa, transfer aja bisa kali. Kalau semisal kakek sama nenek nya udah meninggal, jangan lupa ziarah ke makamnya.
  1. PLESIRAN
Ini mah bisa kemana aja, yang penting have fun dan bareng sama keluarga ataupun temen-temen. Tapi tidak bisa dipungkiri juga kalo hal ini menjadi hal yang cukup penting juga, mengingat tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi liburan yang cukup banyak. Jadi, jangan lupakan liburan mu yaa. Jadi kemana kita pergi?



Okelah, itu tadi tradisi berlebaran ria di keluarga aku. Sedikit berbagi walupun juga ga ada yang peduli haha. Semoga tradisi ini dan tradisi-tradisi baik lainnya dapat tetap terjaga sampai kita tua, sampai jadi debu, ku diliang yang satu, kau disebelahku (malah nyanyi). Sekian dari aku, sekali lagi selamat berlebaran dan juga ber-lebar-an pula. Ngepost-nya telat banget dari deadline awal, tapi ya sudahlah yang penting jadi. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Matur Tengkyu sedulur semua.



Wonogiri,  9 Juli 2017 
[0:35]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar