Penning Stories You'll Love to Read

Ahoy Pipel! Welcome aboard! A warm and heartfelt welcome to all who've joined me here. Your presence is truly appreciated. Thank you!

Senin, 29 Mei 2017

Selamat Ulang Tahun Indonesia


Hallo semua! Terimakasih buat kalian yang udah mau mampir dan sempetin baca tulisan ngga penting ini. (BTW, poto aku bagus yak? somse dikit lah haha, padahal biasa aja).

Oke langsung aja. Karena sebentar lagi kita nih, seluruh warga Indonesia Raya (merdeka-merdeka) bakalan ngerayain Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 71 tahun (yeay!!). Aku bakalan ngomongin tentang tradisi yang sering dilakukan untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia (tapi sok tau loh ya, jadi arap maklum aja).

Tapi sebelumnya, kalian tentu tau kalau negara Indonesia itu pernah dijajah sama negara asing, karena dari kita SD bahkan sampai kita SMA, selalu ada aja pelajaran sejarah yang menceritakan tentang masa penjajahan di bumi kita tercinta ini (kecuali kalau kalian tidur pas dijelasin sama bapak atau ibu guru). Ya emang sih, kita bakalan bosen dan ngantuk, bahkan bisa sampai tidur dikelas sambil senderan ke meja, ke bahu temen, ke tembok, bahkan sampai ngejengkang ke lantai kalau udah masuk ke mata pelajaran yang satu ini, sejarah! (kayak temen aku nih, kalau pelajaran sejarah pasti nunduk, kayaknya dia takut terngiang sisa-sisa kenangan di masalalu, ngga ngga, dia itu aslinya tidur). Apalagi ngeliat bukunya yang  tebel-tebel gilak (setebel lapisan coklat better yang lumer di mulut). Tapi asal kalian tau ya, dengan adanya mata pelajaran ini, setidaknya kita itu jadi tau gitu loh tentang apa yang terjadi di masa lalu, bahkan masa dimana kita belum diramu (kayak ramuan apa gituh) sama orangtua kita. Yup, karena mempelajari cerita sejarah punya banyak banget manfaat untuk
kesehatan hidupkita juga loh gaes (maksudnya untuk kehidupan kita). Contohnya, meningkatnya nilai kita di mata pelajaran sejarah, itu udah pasti gaes. Trus, bikin kita jadi pinterdi mata pelajaran sejarah, itu juga udah pasti gaes. Dan yang terakhir, bikin kita disayang sama guru sejarah karena nilai kita bakalan bagus, tapi dibenci sama guru matematika, karna ditanya perkalian malah dijawab sejarah ditemukannya angka (Ya ngga gitu juga kali may, huuu garing banget!!). Dan kekurangannya itu cuma satu gaes, cuma ngga bisa move on aja kok. Tuhkan luar biasa banget kan manfaatnya! Ayo cepetan belajar sejarah! Tapi inget loh ya, kekurangannya tu bikin sakit banget loh gaes, hati-hati bila sakit berlanjut hubungi dokter. Tuhkan malah ngelantur kemana-mana!

Oke, kembali ke topik awal, yakni apa aja sih tradisi yang sering dilakukan oleh rakyat Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia atau sering disebut 17 Agustusan. Ini dia:
  1. Memasang bendera dan umbul-umbul didepan rumah dan dijalanan. Kalau kalian lagi dijalan dan udah ngeliat banyak banget bendera dan umbul-umbul yang meriah banget, selamat kalian telah memasuki bulan Agustus.
  2. Lomba tujuhbelasan. Disetiap daerah tu biasanya pada ngadain lomba yang aneh-aneh, karena ini tu salah satu tradisi wajib kalo pas lagi ngerayain tujuhbelasan. Kayak adanya lomba masukin paku dalam botol, joget pake balon, ngambil koin di pepaya yang berlumur oli, lari tampah, teklek, tarik tambang, panjat pinang, tarik mantan (yooot), dan masih banyak yang lainnya. Tapi gaes, itu tu seru banget sumpah!!
  3. Adanya malam resepsi, alias malam puncak perayaan HUT kemerdekaan RI, biasanya di gelar malam hari pas tanggal 17 agustus. Disini tu acaranya biasanya pembagian hadiah bagi pemenang lomba yang telah diadain sebelumnya dan bakalan ada banyak banget hiburan-hiburan gitu, entah musik, tari, teater, wayang, dan lain-lain. Dan ini tu acaranya mengundang seluruh warga untuk datang dan bergembira bersama (yeay!). Tapi ritual wajibnya, sebelum memulai acara pasti akan ada sesi menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama.
  4. Karnaval.Yak, setiap kampung, Desa, dan sekolah-sekolah di daerah harus bikin ikon sesuatu yang besar dan unik untuk dipamerin pas karnaval. Biasanya ikon ini di taruh di mobil bak terbuka trus dipamerin muter-muter deh keliling-keliling. Dan karnaval ini bakalan rame setiap tahunnya dan bakalan bikin macet parah. Tapi asik loh.
Yak, mungkin hanya itu yang bisa saya deskripsikan mengenai apa aja sih tradisi yang ada di hari ulang tahun kemerdekaan RI (aku ambil dari tradisi di daerahku). Mungkin kalau ada yang kurang atau didaerah kalian beda tradisinya, ya ngga papa, it’s okay, rapopo. Karena kita itu BERBEDA-BEDA TETAPI TETAP SATU JUA, Oke?

Dan sebelum berakhir, aku mau ngucapin selamat nih buat seluruh warga Indonesia dimanapun berada. Walaupun ngucapinnya kecepetan, tapi ngga papalah, selow.

Saya mengucapkan Dirgahayu untuk Republik Indonesia tercinta ini yang ke 71, semoga makin baik dan makin maju kedepannya, dikurang-kurangin nakalnya, Amiin. Maya Dewi pamit. Byeeee!!! 

NB: Harap maklumi tulisan saya ini, sedang dalam proses pembelajaran. Kritik dan saran sangat dibutuhkan. Terimakasih.


*Ini Post Backup-an dari blog aku yang disebelah


Semarang, 15 Agustus 2016 (21;33)
Salam damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar